Oleh: dr Ratna Yuliarviana

Sering kali kita mengeluhkan kulit wajah dan badan yang terasa kering. Hal ini utamanya terjadi di bulan puasa, ketika kita tidak dapat minum dan makan di siang hari. Bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, tangan dan kaki pun sering mengalami masalah ini.

.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kering:

1.Berkurangnya kolagen dan hydrobalance. Hal ini dipengaruhi oleh faktor penuaan yang menyebabkan menurunnya kadar kolagen dan keseimbangan air.

2.Penumpukan sel kulit mati. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kasar, kusam dan kering. 

3.Perubahan cuaca. Cuaca yang panas atau dingin dengan kelembaban yang rendah membuat kulit kita menjadi mudah kering, terkelupas, dan lebih sensitif.

4.Penggunaan sabun yang tidak tepat untuk kebutuhan kulit. 

5.Mandi air panas. Jika sering dilakukan, hal ini mampu mengurangi kelembaban alami kulit.

.

Adapun tips-tips untuk mengatasi kulit kering terutama pada saat puasa adalah:

1.Sahur dan berbuka dengan makanan yang memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, mineral, serat, dan vitamin. Minum yang cukup, yakni sebanyak 2L air putih yang terbagi pada waktu buka, setelah tarawih, sebelum tidur dan sahur.

2.Mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin, terutama vitamin C dan E karena merupakan anti-oksidan yang baik untuk kulit.

3.Menggunakan pelembab, moisturiser wajah dan body lotion,  utamanya yang mengandung asam hialuronat karena akan mempertahankan kelembaban kulit lebih lama, menambah kolagen, dan menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit.

4.Membersihkan sel kulit mati baik dengan cream atau tindakan di klinik. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan dokter.

5.Sering berwudhu juga bisa dilakukan untuk menambah kelembaban kulit karena kulit sering bersentuhan dengan air. Kulit yang lembab akan terlihat segar dan cerah.

.

Yuk, tetap jaga kesehatan kulit Muslimah Hayyu di akhir Ramadan ini!

.

Reservasi: 0813 3177 3177 (WA/telp/sms)

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.hayyu.id

 

.

 

Hayyu Syar'i Skin Clinic

Ruko Sentra Kencana

Jln. Bung Tomo 8 Kav. 26

Ngagel - Surabaya

Related News

Comments News