Semakin bertambahnya usia mulai bermunculan problem di kulit wajah kita, seperti flek hitam, kerutan, pori-pori besar, kekenduran dan lainnya. Ada satu problem yang sering dialami dan mengganggu, yaitu flek hitam di wajah. Bermacam-macam jenis flek hitam di wajah, ada yang berbentuk bintik-bintik, ada yang berbentuk pulau dengan warna coklat ataupun abu-abu kebiruan.

Oleh karena itu, berbagai cara pun ditempuh oleh kaum hawa untuk menghilangkan flek hitam. Mulai dari perawatan alami yang dilakukan secara mandiri di rumah hingga perawatan medis yang dilakukan di klinik kecantikan . Sebelum flek hitam merusak kulit serta keperyaan diri Anda, ada baiknya jika Anda melakukan upaya pencegahan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut tips-tips untuk mencegah timbulnya flek hitam:

Menggunakan Tabir Surya

Untuk mencegah flek hitam semakin menggelap, setengah jamsebelum aktifitas diluar rumah, ada baiknya menggunakan cream anti UV yang mengandung minimal SPF 30.. Penggunaan sunscreen ini dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dan pastinya meminimalisir kegiatan yang terpapar matahari langsung.

Menggunakan Krem Perawatan

Krem perawatan ini ada 2 jenis, yaitu jenis kosmetik dan jenis farmasi. Bila kulit wajah tidak bermasalah dan tidak ada flek bias menggunakan krem yang sejenis kosmetik. Bila kulit wajah mulai bermasalah dan ada flek disarankan menggunakan krem yang sejenis farmasi. Krem yang sejenis farmasi adalah krem obat yang diresepkan oleh dokter dan mempunyai kemampuan yang lebih kuat untuk memperbaiki problem kulit.

Meminimalkan ketidakseimbangan hormonal

factor hormonal adalah factor yang lumayan banyak menjadi penyebab timbulnya flek. Contohnya seperti penggunaan kontrasepsi hormonal, disarankan menggunakan kontrasepsi yang non hormonal.

Melakukan perawatan secara medis

Salah satu metode dalam dunia medis yang dipercaya aman untuk mengatasi masalah flek hitam adalah dengan menggunakan laser treatment. Metode perawatan yang sangat dikenal dalam dunia kecantikan ini mampu untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Kemunculan flek hitam dapat terjadi pada lapisan terluar kulit (epidermis) dan lapisan dibawahnya (dermis). Dengan penanganan dari laser treatment mampu untuk mengurangi flek hitam pada wajah secara efektif. Sebab perawatan dengan metode ini tak membutuhkan waktu penyembuhan yang sangat lama. Selain itu, metode ini juga memiliki efek samping yang sangat minim.

Seperti pada salah satu treatment dari Hayyu Syari Skin Clinic yaitu Laser Whitening dengan menggunakan mesin laser berteknologi Nd: YAG dengan panjang gelombang 1064 nm dan 532 nm. Fungsi sinar laser dapat mengatasi problem pigmentasi dengan menghancurkan pigmen yang dituju menjadi fragmented tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Treatment ini berfungsi untuk mengatasi problem pigmentasi layakya flek hitam.

Related Artikel

Comments Artikel