Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang agung sekaligus menjadi salah satu bagian dari rukun islam. Untuk itu, sebagai seorang muslim kita harusnya memahami hukum-hukum yang berkaitan dengan puasa, seperti hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Apa saja? Simak ulasan berikut ya Muslimah Hayyu..

 

1.    Makan dan minum secara sengaja

Injeksi atau suntikan infus yang ditujukan sebagai pengganti makanan juga termasuk dalam hal ini. Namun, jika dilakukan secara tidak sengaja, maka kita tetap diperbolehkan untuk melanjutkan puasa. Sebagaimana yang terkandung dalam hadist berikut:

“Apabila seseorang makan dan minum dalam keadaan lupa, hendaklah dia tetap menyempurnakan puasanya karena Allah telah memberi dia makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim)

.

2.    Keluarnya darah haid dan nifas

Sebagai seorang wanita, kita tentu mengalami proses menstruasi. Dalam masa tersebut, Allah SWT melarang kita untuk berpuasa. Wanita yang tidak berpuasa karena alasan ini kemudian diwajibkan untuk mengganti puasa yang telah kita lewatkan ketika kita dalam keadaan suci dan telah melalui bulan Ramadhan.

.

3.    Muntah dengan sengaja

Hal ini diutarakan oleh Rasulullah SAW dalam hadits berikut ini:

"Barangsiapa yang dipaksa muntah sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qodho’ baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qodho." (HR. Abu Daud).

.

4.    Jima' atau melakukan hubungan suami istri

Jika perbuatan ini dilakukan seseorang yang wajib berpuasa pada siang hari bulan Ramadhan. Maka selain mengqadha` (mengganti di hari lain) ia juga diwajibkan membayar kafarat (denda).

.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Muslimah Hayyu. Dan, semoga amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

HAYYU SYARI SKIN CLINIC

Ruko Sentra Kencana

Jl. Bung Tomo No. 8 Kav. 26

Ngagel – Surabaya

Open hour:

Senin-Ahad: 09.00-17.00 WIB

#hayyusyari #1stsyariclinic #keephalalandsyari #klinikkecantikan #konsultasikulit #konsultasikecantikan #hayyuskinclinic #klinikkecantikansyari #skincaresurabaya #klinikkecantikansurabaya

Related Artikel

Comments Artikel