Puasa adalah salah satu amalan yang dilakukan oleh umat muslim dan yang paling utama adalah puasa di bulan Ramadhan. Dari sisi medis ternyata puasa memberikan efek yang baik terhadap tubuh kita, salah satunya yaitu ketika kita berpuasa terjadi peningkatan Growth Hormone (GH) dalam tubuh.

               Apakah Growth Hormone itu? Growth Hormone adalah salah satu hormone yang berfungsi untuk pertumbuhan (linear) pada anak, mempunyai efek langsung dan tidak langsung pada metabolisme, komposisi atau proporsional tubuh, metabolisme tulang dan otot, fungsi jantungdan fungsi imun. Sedangkan proses penuaan berlangsung mulai usia 25 tahun, masa ini disebut tahap sub klinis dimana bentuk badan belum terlihat adanya penuaan tetapi metabolisme tubuh sudah mulai mengalami penurunan kualitas.

               Dan mulai tahap ini terjadi penurunan kadar Growth Hormon, Estrogen dan Testosteron. Sehingga tubuh kita memerlukan stimulus agar kadar hormone tersebut tidak cepat turun, salah satunya dengan berpuasa. Mari Muslimah Hayyu kita perbanyak ibadah Puasa kita, terlepas dari Puasa Wajib kita bisa memperbanyak Puasa Sunnah kita karena Efek yang ditimbulkan sangat luar biasa, selain Pahala yang berlimpah Tubuh kita pun menjadi lebih Sehat Wal afiat dan Hormon pun lebih stabil.

Related Artikel

Comments Artikel