Dekatnya waktu Hari Raya Idul Adha merupakan pengingat bagi setiap muslim untuk selalu berbagi salah satunya melalui berkurban. Umat muslim yang memiliki rezeki berkecukupan disunahkan untuk menyembelih hewan qurban sebagai tanda cinta pada Allah. Hal ini juga merupakan wadah untuk berbagi antar umat manusia.

Sebuah perintah dari Allah SWT kepada hambanya tentu mengandung hikmah untuk setiap muslim berlomba mencari kebaikan, termasuk dalam berkurban.  Perintah berkurban sudah ada sejak jaman Nabi Adam yang termuat dalam Al-Maidah ayat 27. Perintah berkurban juga datang dari perintah Nabi Ibrahim. Pada usia ke 100 tahunnya, Ibrahim mendapat mimpi yang datang dari Allah SWT untuk menyembelih Ismail, putra yang kelahirannya sangat dinantikan. Mimpi seperti ini terjadi hingga tiga kali.

Dengan penuh ketakwaan, baik Nabi Adam maupun Nabi Ibrahim memenuhi perintah tersebut. Tentu saja Ismail tidak pernah disembelih oleh ayahnya sendiri. Tetapi, ketika pisau telah diarahkan ke arah leher Ismail, Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba yang besar. Kisah dan sejarah tersebut hingga kini menjadi hikmah mengapa kita harus berkurban. Sebab dengan keikhlasan hati melakukan perintah Allah dengan mengurbankan hal yang paling disayangi, maka Allah akan menggantinya dengan keberkahan. Maka keikhlasan Nabi itulah yang patut menjadi contoh seluruh muslim dunia.

Maka apabila diri mempertanyakan alasan untuk berkurban kita perlu mengingat kembali tujuan awal berkurban yaitu sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Harus diingat pula manusia yang diberi rezeki hendaknya berbagi kepada sesama yang belum beruntung. Salah satunya dengan membagikan daging kurban karena tidak semua orang mampu membeli daging sapi, kambing, maupun hewan-hewan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu berkurban merupakan wujud syukur atas nikmat Allah seperti yang difirmankan-Nya dalam surat Al-Kautsar ayat 1-2: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu sebuah sungai di surga, maka dirikanlah shalat karena Tuhamu dan berkurbanlah”. Semoga Allah melancarkan rezeki kita dan bisa berkurban tahun ini. Apabila belum mampu, semoga tahun depan dapat diberi kesempatan untuk berkurban, aamiin.

Related Artikel

Comments Artikel