Pola Makanan Sehat Untuk Kebutuhan Gizi Yang Seimbang

Hidup sehat dan terhindar dari problem obesitas berawal dari pola makanan yang sehat. Mungkin Muslimah Hayyu masih bingung dengan pola makanan yang sehat itu seperti apa. Nah, sekarang USDA (United State Departement of Agriculture) membuat formulasi pola makan yang mudah untuk diterapkan, yaitu USDA Food Plate. Secara mudahnya dalam 1 piring komposisinya ada seperempat nasi atau gandum, seperempat lauk, seperempat sayur, seperempat buah, dan (setara) segelas susu.

  1. Sumber karbohidrat bisa dalam bentuk whole grain seperti gandum, beras merah yang lebih lengkap kandungan serat, zat besi dan vitamin B. Bisa juga dalam bentuk refined grain, seperti beras putih, tepung, atau roti putih.
  2. Buah: semua buah bisa digunakan dan dalam bentuk yang bermacam- macam, seperti buah segar, buah dalam kaleng, buah yang dibekukan, ataupun buah yang dikeringkan.
  3. Protein: bisa dari daging, unggas, seafood, kacang- kacangan, dan telur.
  4. Sayur: hampir semua sayur rendah lemak dan kalori, sumber dari potassium yang bagus untuk menormalkan tekanan darah, serat yang membantu menormalkan kadar kolesterol dalam darah, asam folat yang bagus untuk pembentukan sel darah merah, vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kulit, serta mengandung vitamin C yang baik untuk ketahanan tubuh.
  5. Produk susu (dairy): semua susu dan makanan yang mengandung susu merupakan kebutuhan harian baik untuk anak- anak maupun orang dewasa. Ukuran mengkonsumsi susu yang dibutuhkan oleh anak- anak adalah 2- 3 gelas sehari, dan kebutuhan untuk orang dewasa adalah 3 gelas sehari.

Nah, Muslimah Hayyu pola makanan sehat merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh kita agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

More Info  :

WA 081.80.400.2000                                                                             

LINE  @hayyuclinic

www.hayyu.id

Related Artikel

Comments Artikel