Siapakah diri kita sebenarnya?

Itulah pertanyaan yang terkadang muncul dalam benak kita, karena sebagian besar orang belum mengenal siapa dirinya. Sesungguhnya, kita sebagai manusia telah diciptakan oleh Allah secara sempurna dibanding makhluk ciptaan Allah lainnya. Oleh karena itu, dengan kesempurnaan yang Allah titipkan pada kita, sudah seharusnya kita menjaga dan mensyukuri nikmat dan karunia-Nya dengan sungguh- sungguh melakukan berbagai kebaikan dan menggunakan akal pikiran untuk hal yang bermanfaat.

Seperti yang terdapat dalam surat As- Sajdah, yang artinya “Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani). Kemudian, Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh (ciptaan)- Nya ke dalam (tubuh)nya dan Dia menjadikan pendengaran, pengllihatan, dan hati bagimu, (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur”. (QS. As- Sajdah: 7-10)

Dari Firman Allah tersebut, telah jelas digambarkan bahwa tanpa adanya roh dalam tubuh kita, kita hanyalah seonggok daging yang pada akhirnya akan membusuk dan lapuk. Dan, setiap ruh yang ada pada diri kita akan kembali pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang kapanpun waktunya pasti akan kembali pada Allah.

Setiap manusia terlahir fitrah atau suci, dan terlahir ke dunia dalam keadaan yang sama. Yaitu sama- sama bersih dari segala khilaf dan dosa. Sampai memasuki usia dewasa kita tumbuh menjadi seseorang yang dipengaruhi pendidikan keluarga maupun pergaulan serta lingkungan sekitar.

Siapakah diri kita itulah menjadi pekerjaan rumah yang paling penting bagi diri setiap orang, untuk menentukan kemana langkah kehidupan dan menyadari untuk apa kita hidup di dunia ini. Peranan penting dalam mengenal diri sendiri adalah  “pakaian” seperti apa yang melekat dalam diri kita. Yang meliputi semua hal tentang diri kita baik kelebihan, kekurangan, sifat, karakter, kebiasaan dan lain sebagainya. Ini tentang diri kita hari ini, tentang seperti apa kita hari ini.

Nah, Mulimah Hayyu untuk menjalankan tugas kita sebagai khalifah di bumi ini, maka yang dibutuhkan adalah bersungguh- sungguh mengenal diri sendiri untuk taat dan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta senantiasa berupaya dan menyadari bahwa kita hanya hamba Allah yang senantiasa mengharap Ridho-Nya untuk kembali pada fitrah kita.

More Info :

WA 081.80.400.2000

LINE @hayyuclinic

www.hayyu.id

Related Artikel

Comments Artikel