search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i 6 Magic Words yang Perlu Diajarkan pada Si Kecil
Tips Kesehatan // 26 Oktober 2022
6 Magic Words yang Perlu Diajarkan pada Si
kecil

Menjadi orangtua memang tak mudah. Sebagai orang tua, kita harus bisa menjaga, merawat dan menjadi contoh baik untuk anak-anak. Orangtua pun perlu memastikan anak-anak tumbuh dalam lingkungan dengan kata-kata yang membangun. Setidaknya, ada enam magic words yang perlu diajarkan pada si kecil sejak dini. Apa saja, sih? Yuk, simak berikut ini!

1. "Maaf"

Tidak ada orang yang terhindar dari membuat kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Saat melakukan kesalahan, anak perlu diajarkan kata “maaf” untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan meminta maaf ketika mereka menyakiti atau menyinggung orang lain. Lewat magic words satu ini, anak bisa memahami bahwa meminta maaf bukanlah tanda kelemahan, melainkan bukti tanggung jawab.

Mampu mengakui kesalahan menunjukkan kekuatan karakter. Kebiasaan meminta maaf dengan tulus saat melakukan kesalahan akan membantu si kecil mendapatkan kepercayaan dari teman-teman dan lingkaran sosialnya.

2. "Tolong"

Mengajari anak cara meminta sesuatu merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu ia  kembangkan. Sebab, si kecil harus belajar bahwa kehidupan di luar rumah tidak “semudah” kehidupan di dalam rumah. Jika di rumah ia tidak perlu mengucapkan magic words “tolong” untuk mendapatkan sesuatu karena sudah diberikan lebih dulu, di luar rumah ia harus mengucapkan kata “tolong” karena tidak semua yang ia inginkan akan diberikan begitu saja. Kata “tolong” juga dapat menanamkan kerendahan hati pada anak.

3. "Permisi"

Si kecil lahir sebagai pusat perhatian keluarga dan selalu diperhatikan ke mana pun mereka pergi. Seiring bertambahnya usia, mereka mulai menyadari bahwa perhatian yang sama mungkin tidak bisa didapat dari orang lain. Anak pun harus belajar bahwa dalam menghadapi dunia di mana banyak orang memiliki kepentingan berbeda, menunggu adalah keterampilan yang penting untuk dilatih.

Nah, sebagai orang tua, kamu dapat mengajarkan anak kata “permisi” sebagai salah satu cara untuk menunjukkan kesopanan. Kata ini penting diajarkan pada anak agar ia dapat berempati dengan orang lain.

4. "Terima kasih"

Terima kasih adalah kata yang perlu si kecil ucapkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kemurahan hati dan bantuan apa pun yang mereka terima dari orang lain, baik itu bantuan yang diminta atau tidak. Dalam situasi sosial, orang tua juga harus sering mengucapkan kata ini agar anak lebih terbiasa mengucapkannya.

Mengucapkan terima kasih juga membantu anak tumbuh menjadi orang dewasa yang rendah hati tanpa merasa bahwa semua yang ia terima merupakan haknya. Kebiasaan mengucapkan “terima kasih” dapat membuat anak jadi lebih bersyukur atas semua hal baik dan orang-orang yang mereka miliki dalam hidup mereka setiap hari.

5. "Terima kasih kembali"

Bukan hanya “terima kasih”, anak juga sebaiknya belajar mengucapkan “terima kasih kembali” sebagai respons yang baik dan ramah terhadap orang lain. Mengajari si kecil untuk mengatakan "terima kasih kembali" akan membantunya memahami bahwa bersikap baik, murah hati, dan ramah tidak dapat ditawar karena orang-orang di sekitar mereka pada dasarnya berharga dan pantas diperlakukan dengan baik. Kata-kata ini dapat menjadikan anak lebih murah hati, suka membantu, dan bijaksana.

6. "Bolehkah..."

Kata ini mirip dengan “permisi” karena sama-sama meminta izin untuk melakukan tugas atau menyela. Bagi anak, menggunakan kata-kata “bolehkah” dapat membangun kebiasaan menghormati otoritas atau orang yang lebih tua sampai mereka mampu membuat keputusan sendiri. Mengucapkan kata ini juga merupakan cara sopan untuk meminta sesuatu  tanpa terlihat kasar. Kata ini juga menanamkan rasa tanggung jawab pada anak untuk menghormati privasi orang lain.

Nah, orang tua juga perlu menerapkan hal tersebut sehari-harinya agar anak bisa lebih terbiasa. Misalnya saat hendak me time di klinik kecantikan, kamu bisa izin juga ke anak dengan bilang, "Ibu boleh pergi sendirian beberapa jam? Nanti adik sama Ayah dulu, ya." Kalau anak sudah mengiyakan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Sekarang kamu sudah lebih paham, kan, kenapa penting bagi anak untuk mempelajari keenam magic words tersebut sejak dini? Dengan mengajarinya kata-kata tersebut, anak pun bisa tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Semoga bermanfaat, ya!