search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Dear Kamu, Hati-hati Stres Bisa Bikin Mudah Sakit Loh
Tips Kesehatan // 11 Januari 2023
Dear Kamu, Hati-hati Stres Bisa Bikin Mudah Sakit
loh

Sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga, wajar kalau terkadang kamu merasa stres mengurus kerjaan kantor dan rumah. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin kamu jadi jatuh sakit hingga salah satu pekerjaan pun terbengkalai.

Perlu dipahami kalau stres akan sangat memengaruhi kondisi fisik dan mental. Tak peduli seberapa besar kamu mencintai apa yang kamu lakukan, stres masih bisa datang pada saat-saat tak terduga. Namun, jangan takut, simak beberapa cara mengatasi stres bagi wanita karier dan ibu rumah tangga berikut ini agar badan tetap sehat!

 

1. Pahami Kemampuan

Cara mengatasi stres bisa dimulai dengan memahami kemampuan diri sendiri. Coba evaluasi dan pahami seberapa banyak beban yang bisa kamu tanggung dalam menjalani pekerjaan, baik di kantor maupun rumah. Hal ini diperlukan untuk mengurangi stres dalam pekerjaan. Evaluasi tersebut bisa digunakan untuk memperhitungkan berapa lama waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sehingga menghindari kelelahan berlebihan.

2. Hindari Konflik

Konflik kerap menjadi pemicu utama stres. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjauhi konflik, baik itu dari rekan kerja atau tetangga. Hindari gosip yang memengaruhi hubungan pertemanan. Waspadai pula beberapa rekan kantor yang tak bisa diajak bekerja sama satu tim.

Stres karena pekerjaan tak jarang muncul dari rekan sendiri. Buatlah obrolan yang positif di tempat kerja untuk mengurangi momen negatif yang bisa menguras kesehatan mental. Obrolan ini akan memicu suasana kerja yang menyenangkan dan optimis. Stres kerja pun bisa dikurangi sehingga pekerjaan sehari-hari bisa dilakukan dengan optimal.

3. Gunakan Waktu secara Efisien

Cara mengatasi stres yang satu ini cukup ampuh, yaitu menggunakan waktu secara efisien. Manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Usahakan selalu tepati waktu atau deadline yang ada. Menggunakan waktu secara baik dapat membuatmu tidak merasakan kelelahan berlebihan. Pekerjaan yang dilakukan terlambat hingga menumpuk akan sangat melelahkan dan hasilnya pun tidak akan optimal karena terburu-buru.

4. Buat Pola Rutinitas yang Baik

Mulailah untuk membuat pola rutinitas yang baik. Tak perlu langsung ke hal-hal yang besar, cukup dimulai dari hal sederhana seperti pola makan dan tidur. Pola tidur sehari-hari berperan penting terhadap kesehatan fisik, mental, dan mood-mu. Pola makan berantakan juga akan berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Sedangkan, jam tidur yang pas akan membuatmu lebih rileks. Jika kedua hal ini bisa diatur dengan baik, stres pun akan teratasi karena hidup yang sehat.

5. Lakukan Sharing dengan Orang yang Tepat

Sharing atau berbagi obrolan dengan orang yang tepat bisa menjadi cara mengatasi stres yang ampuh. Bagi wanita karier, kamu bisa bicarakan masalah stres dengan atasan yang dipercaya. Sedangkan bagi ibu rumah tangga, coba bicarakan kondisi mental dengan sang suami atau anggota keluarga lain. Sharing ini bukan untuk mengeluh, namun mendiskusikan rencana efektif untuk mengelola stres kerja yang dialami sehari-hari.

6. Persiapkan Waktu Me Time dan Berlibur

Cara mengatasi stres yang ini akan sangat ampuh. Coba sisihkan waktu dari pekerjaan sehari-hari untuk melakukan me time dan berlibur. Jika tak ingin bergerak banyak, kamu bisa mulai menonton film atau membaca buku yang kamu suka saat me time. Habiskan waktu ini untuk menenangkan dirimu sendiri. Bisa juga melakukan perawatan diri ke klinik kecantikan agar perasaan lebih senang melihat diri tampil lebih cantik.

Gunakan pula waktu weekend untuk berlibur menenangkan diri. Kunjungi berbagai tempat baru yang bisa melepas stres. Ajak teman-teman terdekat atau orang yang kamu sayangi untuk melakukan quality time. Usahakan untuk tidak membuka media sosial saat melakukan me time. Gunakan media sosial seperlunya saat me time dan fokuskan diri untuk menenangkan pikiran.

 

Itulah berbagai cara mengatasi stres untuk wanita karier maupun ibu rumah tangga. Wanita karier biasanya mengalami stres akibat pekerjaannya di kantor, sedangkan ibu rumah tangga kerap menumpuk stres akibat kegiatan yang tak kunjung habis di rumah. Karenanya, cari penyebab stres kamu selama ini dan coba atasi hal tersebut secara perlahan. Pahami kemampuan diri sendiri demi menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit.