search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Duuh, Kenapa Ya Jerawat Betah Banget di Wajah?
tips_kecantikan // 15 November 2023
Duuh, Kenapa Ya Jerawat Betah Banget di
wajah?

"Udah pakai banyak skincare tapi kenapa jerawat gak sembuh-sembuh ya... Bahkan sering banget muncul kembali.."

Ada yang struggle sama jerawat juga? Udah coba banyak cara tapi jerawat tetap betah di wajahmu? No worries! Hayyu selalu punya tips untuk membantumu atasi problem kulit termasuk jerawat!
 
Tau gak sih, jerawat itu merupakan problem kulit yang cukup komplek untuk diatasi. Menyembuhkan jerawat juga tak bisa dalam waktu sekejap. Tapi kalau kita bisa melakukan beberapa hal ini, dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya loh! 

 

  • Hindari menyentuh jerawat

Siapa nih yang saat muncul jerawat, tangan malah gatel pengen pegang bahkan memencet jerawat sampai meletus? Stop, stop! Bukannya sembuh, cara ini bisa jadi akan semakin memperparah jerawatmu!

Karena tangan kita bisa saja mengandung bakteri. Saat menyentuh jerawat, bakteri yang ada pada tangan kita dapat pindah ke jerawat. Begitu pula saat kita menyentuh bagian wajah lain yang tidak berjerawat, bakteri di tangan dapat ikut pindah dan memicu munculnya jerawat baru.

  • Gunakan pembersih wajah yang tepat

Menjaga kebersihan wajah memang penting dilakukan. Tapi bila wajah sedang berjerawat, harus ekstra hati-hati dalam memilih pembersih wajah ya!

Hindari pembersih wajah yang memiliki scrubs atau microbeads. Memang, facial scrubs dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Namun jika digunakan berlebihan pada kulit berjerawat, malah akan memicu munculnya iritasi.

  • Konsultasi pada ahlinya

Jerawat merupakan penyakit infeksi pada kulit berupa papul atau pustul yang normalnya akan sembuh sendiri. Namun jika jerawat masih belum sembuh juga (karena beberapa faktor), segera konsultasikan pada ahlinya ya!

Tindakan yang perlu dilakukan adalah injeksi jerawat. Melalui injeksi jerawat, dokter akan memasukkan obat antiiflamasi ke dalam jerawat tersebut. Tujuannya tentu saja agar proses peradangan pada jerawat dapat dihambat sekaligus pus atau nanah yang terkumpul dalam jerawat dapat dikeluarkan.

Tentunya, tindakan ini disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit masing-masing ya.. Jadi sangat disarankan segera konsultasikan problem jerawat pada dokter kecantikan agar gak semakin parah! Dear Acne Fighter, semangat ya!