search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Natural & Simple! Tips Make Up Ini Cocok Buat Kamu Para First Jobber
Tips Kesehatan // 19 Oktober 2022
Natural & Simple! Tips Make Up Ini Cocok Buat Kamu Para First
jobber

Makeup natural selalu cocok untuk berbagai keperluan, terutama untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja. Buat kamu para first jobber, tipe makeup ini bisa dipertimbangkan karena menghasilkan look yang natural, nggak berlebihan dan membuatmu terlihat lebih fresh!

Terlebih, aplikasinya pun mudah sehingga cocok buat kamu yang baru mencoba ber-makeup. Yuk, simak tips gimana caranya dapetin look natural yang cocok untuk first jobber!

1. Awali dengan skincare
Selalu awali pemakaian makeup dengan skincare. Dengan begitu, makeup akan lebih menempel dan hasilnya pun terlihat lebih natural. Awali tahapan skincare dengan membersihkan wajah. Jika wajah kotor, makeup akan terlihat cakey dan mudah luntur. Jadi, jangan lupa cleansing sebelum ber-makeup ya.

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan toner. Penggunaan toner akan mencegah kulit dari dehidrasi yang bisa membuat makeup sulit menempel. Setelah toner meresap, lanjutkan dengan pelembap untuk menjaga kelembapan wajah sekaligus mengurangi risiko munculnya jerawat.

2. Jangan skip sunscreen
Jangan pernah melewatkan sunscreen atau tabir surya saat kamu ber-makeup, terutama kalau harus berangkat ke kantor pagi-pagi. Menggunakan sunscreen akan melindungi kulitmu dari sengatan sinar UV yang dipancarkan matahari.

Agar hasil makeup tetap oke, pilih sunscreen sesuai skin type kamu. Untuk pemilik kulit kering, misalnya, bisa pilih sunscreen tipe krim agar kulit tidak cepat dehidrasi. Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak, disarankan memilih tipe gel yang mudah menyerap sehingga tidak memicu produksi minyak berlebih.

3. Aplikasikan bedak sesuai jenis kulit
Jika semua produk skincare sudah menyerap dengan baik, kamu bisa mulai makeup. Untuk makeup natural, tidak perlu base yang terlalu kompleks. Gunakanlah bedak sesuai dengan jenis dan tentunya tone kulitmu. Pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan bedak tabur yang dapat mengikat minyak dengan baik.

Nah, untuk kamu yang memiliki kulit normal cenderung kering, bisa memilih bedak padat atau two-way cake. Formulasinya yang cenderung creamy akan lebih mudah menempel pada kulit yang kering. Jangan lupa juga sesuaikan shade bedak dengan skin tone aslimu, ya. Pilih bedak dengan tone yang sedikit lebih terang agar penampilan tetap fresh.

4. Beri riasan pada area mata
Selanjutnya, berilah riasan pada area mata. Tidak perlu menggunakan bulu mata palsu atau eyeshadow dengan warna bold, cukup rapikan alis dengan pensil alis atau brow pomade. Isi bagian alis yang terlihat kosong agar mata terlihat lebih berdimensi.

Jika sudah, lanjutkan dengan menyapukan eyeshadow pada kelopak mata. Hindari warna-warna yang terlalu bold. Pilihlah warna-warna natural yang akan membuat mata tampak segar alami, misalnya warna soft pink atau beige. Gradasi warna terang ke gelap juga bisa dilakukan. Tidak perlu pemilihan warna yang terlalu rumit, kamu bisa pilih dua atau tiga shade cokelat yang lembut.

5. Tambahkan blush on agar fresh
Inilah kunci dari makeup natural! Menggunakan blush on akan membuat pipi terlihat merona dan fresh. Selain itu, ternyata blush on juga akan membuat wajah lebih berdimensi dan cerah, lho!

Untuk look natural, kamu bisa memilih blush on tipe liquid yang lebih mudah dibaurkan. Jika ingin hasil blush on lebih awet, tambahkan blush on berjenis powder di atasnya. Namun, menggunakan liquid blush on saja pun sudah cukup. Kamu juga bisa menambahkan sedikit pulasan highlighter agar wajah tampak glowing.

6. Finishing dengan lip tint
Terakhir, jangan lupa bagian bibir. Sekarang ini, ada banyak sekali lip product yang bisa dipilih. Untuk makeup natural, kamu bisa pilih lip tint yang ringan. Pilihlah warna yang sesuai dengan undertone agar terlihat lebih natural.

Misalnya, kamu yang memiliki warm undertone bisa memilih warna-warna hangat seperti peach atau earthy tones. Sedangkan pemilik cool undertone bisa pilih warna merah seperti mauve atau pink. Nah, jika kamu punya neutral undertone, biasanya akan cocok dengan warna-warna nude.

Rutinitas ngantor yang mengharuskanmu untuk menggunakan makeup membuat kulit wajah jadi cepat lelah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan perawatan kulit wajah seperti facial di klinik kecantikan. Prosedur facial bisa membuat rileks sehingga kulit wajah kamu pun kembali fresh. Jadi makin percaya diri saat ngantor, deh!