search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Ternyata, Ekstrak Pepaya & Nanas Bisa Bikin Kulitmu Seperti Ini!
Tips Kesehatan // 13 Oktober 2022
Ternyata, Ekstrak Pepaya & Nanas Bisa Bikin Kulitmu Seperti
ini!

Nanas dan Pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Namun siapa sangka, selain baik untuk kesehatan tubuh, buah pepaya dan nanas juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit loh. Bahkan mulai banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan ekstrak buah ini sebagai campuran bahan utamanya. Apa saja manfaatnya?


Manfaat buah Nanas

  1. Mengatasi kulit wajah berminyak yang disebabkan oleh produksi sebum berlebih. Produksi sebum yang berlebih bisa menyebabkan kulit berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat.
  2. Enzim Bromelain pada nanas berkhasiat untuk membunuh jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan enzim bromelain di dalam nanas yang membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori wajah.
  3. Membantu mengecilkan pori-pori.
  4. Kandungan vit C nya mencerahkan, melembabkan dan menghaluskan kulit.
  5. Sebagai anti aging (menghilangkan tanda penuaan dan flek hitam)


Manfaat buah Pepaya

  1. Membantu mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang dapat bertahan melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat.
  2. Mengandung enzim papain yang dapat embantu meningkatkan elastisitas dan kolagen pada kulit (mencegah kerutan)
  3. Enzim papain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan dan mengontrol jerawat.
  4. Papain dapat melarutkan protein sehingga bisa mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.
  5. Mencerahkan warna kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Membantu memudarkan flek hitam.
  6. Vitamin E dan C diketahui mampu membantu meremajakan kulit.

Kesimpulannya, ekstrak nanas dan pepaya memiliki beberapa kandungan diantaranya vitamin A, vitamin C, dan juga enzim papain dan bromelain. Enzim papain dan bromelain dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat juga bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih yang bisa menyumbat pori pori sehingga memicu munculnya jerawat.

Selain itu juga bekerja dengan menghancurkan protein pada sel kulit mati sehingga diharapkan kulit mati dapat meluruh sehingga menstimulasi terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah (meremajakan kulit). Kandungan ekstrak nanas dan pepaya yang lain juga baik untuk mencerahkan kulit, karena mengandung banyak vitamin sekaligus berfungsi sebagai anti oksidan. Jika keduanya dipadukan maka dapat mengobati masalah jerawat dan memaksimalkan  proses eksfoliasi.