search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Ternyata Nonton Drakor Banyak Manfaatnya, Lho!
Tips Kesehatan // 07 Desember 2022
Ternyata Nonton Drakor Banyak Manfaatnya,
lho!

Beberapa tahun belakangan, popularitas drama Korea di Indonesia semakin besar. Bukan hanya paras aktor dan aktrisnya yang menawan, jalan cerita yang apik dan menarik juga menjadikan drama Korea tontonan 'wajib' terutama bagi wanita. Bahkan di kalangan fans ada istilah 'marathon drakor' yaitu aktivitas nonton drama hingga tuntas/ tamat. 

Hayoo, apa kamu termasuk yang sering nonton DraKor juga? Kalau iya, kamu perlu tahu, nih, ternyata nonton drakor punya banyak manfaat bagi kesehatan mental, lho. Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

1. Mengontrol emosi

Manfaat nonton drakor yang pertama adalah mengontrol emosi. Mampu mengontrol emosi adalah salah satu keterampilan penting karena memungkinkanmu untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan orang lain. Nah, drakor bisa memberikan manfaat ini karena ada berbagai emosi dalam drakor yang dapat mendorongmu untuk memahami dan menangani perasaan serupa yang mungkin kamu alami. Akibatnya, kamu mungkin merasakan apa yang karakter dalam drakor rasakan. Ini dapat membantumu mengendalikan emosi lebih baik dari sebelumnya.

2. Bisa memotivasi diri

Selama hidup, kamu butuh motivasi karena ini penting untuk memberimu goal, membantumu memecahkan masalah, dan mengubah kebiasaan lama. Sumber motivasi diri bisa berasal dari banyak hal, termasuk nonton drakor. Sebuah adegan dalam drakor mungkin dapat memberimu motivasi. Misalnya, kamu menonton drakor yang menampilkan adegan drama keluarga yang harmonis. Ini mungkin memotivasi kamu untuk menciptakan ikatan dalam keluarga yang lebih baik. Drakor dapat memotivasi kamu dan membantumu menemukan energi positif dalam hidup.

3. Memperbaiki suasana hati yang kacau

Jika kamu hidup dengan gangguan kecemasan atau depresi, atau kamu merasa cemas dan stres tentang pekerjaan atau masalah lain, meluangkan waktu untuk menonton drakor dapat membantu memperbaiki suasana hati yang kacau. Menikmati kegiatan rekreasi seperti menonton drakor dapat meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi, lho. Saat nonton drakor, kerja sistem limbik dirangsang untuk memicu pelepasan zat kimia otak, seperti serotonin dan dopamin, yang dikenal membantu menghasilkan perasaan nyaman dan bahagia.

4. Lebih percaya diri

Manfaat nonton drakor selanjutnya adalah membuatmu jadi lebih percaya diri. Nonton drakor favorit tidak hanya menghibur, namun juga dapat memberikan dorongan yang sangat kamu butuhkan. Bahkan drakor tertentu bisa membuatmu lebih percaya diri, lho.

Caranya adalah dengan nonton drakor yang karakternya memiliki masalah serupa denganmu. Kepercayaan dirimu akan tumbuh saat melihat karakter tersebut berjuang dan berhasil menangani masalah yang dihadapi. Saat nonton drakor, secara tidak langsung kamu membayangkan dirimu melakukan hal yang sama sehingga dapat memunculkan rasa percaya diri.

5. Edukasi kesehatan mental

Manfaat nonton drakor tidak hanya terbatas pada hiburan, namun juga meluas sebagai edukasi kesehatan mental. Drakor bisa dijadikan media edukasi kesehatan mental karena banyak drakor yang mengangkat cerita tentang penderita gangguan mental. Kesehatan mental sendiri sudah menjadi tema yang konsisten dan lazim dalam drakor. Penulis naskah dan pembuat drakor semakin berusaha keras untuk membawa kesadaran akan masalah ini dan untuk menunjukkan berbagai jenis penyakit yang termasuk dalam kesehatan mental.

Ada banyak drakor yang menunjukkan bagaimana para karakter sembuh dari penyakit mental yang dialami, salah satunya It’s Okay To Not Be Okay. Drakor ini mengupas isu kesehatan mental dan berbagai jenis penyakit mental. Karakter-karakter dalam drakor ini menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami banyak tekanan emosional saat tumbuh dewasa. Drakor semacam ini dapat membantumu lebih peka terhadap isu kesehatan mental, serta mendukung penyembuhan jika mengalami masalah serupa.

6. Relaksasi tubuh

Setiap kali merasa lelah, kamu mungkin perlu menonton drakor. Manfaat nonton drakor ini bisa kamu peroleh karena hiburan yang menyenangkan dapat memberikan relaksasi yang kamu butuhkan untuk recharge. Kamu dapat memilih drakor yang kamu inginkan, kemudian menghabiskan waktu untuk menonton adegan dan alur cerita drakor yang kamu sukai. Kamu juga bisa membuat tubuh semakin rileks dengan menikmati camilan seperti es krim. Ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

 

Banyaknya manfaat nonton drakor seperti yang disebutkan di atas tentunya membuatmu semakin happy sebagai pencinta drakor, kan? Tapi tetap harus diingat yaaa. Jangan sampai kebiasaan nonton drakor ini berlebihan hingga membuatmu mengabaikan tanggung jawab lainnya. Selamat nonton drakor!