search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Wujudkan Cita-Cita dengan Kerja Sambil Kuliah, Kenapa Engga?
karir // 16 Februari 2023
Wujudkan Cita-Cita dengan Kerja Sambil Kuliah, Kenapa
engga?

Di era modern sekarang, pendidikan semakin menjadi prioritas. Gelar S1 dan S2 kini sering dicari sebagai syarat minimum saat melamar pekerjaan. Selain keperluan pekerjaan, kuliah juga digunakan sebagai sarana mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan.

Oleh sebab itu, tak jarang banyak orang melakukan kuliah sambil kerja di era sekarang ini. Aktivitas tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri, tak terkecuali bagi para wanita mandiri. Jangan khawatir, berikut tips bekerja sambil kuliah S2 bagi para wanita mandiri seperti kamu!

1. Atur Jadwal dengan Baik

Bekerja harian, apalagi penuh waktu, akan menghabiskan sebagian besar sisa harimu. Jadi, usahakan untuk mengatur jadwal dengan baik ketika sudah mengambil kuliah. Membuat jadwal kegiatan selama sehari penuh akan terasa sangat berguna. Masukkan jadwal kerja, kuliah, serta kegiatan lainnya seperti mengerjakan tugas atau memasak untuk keluarga. Jadwal yang kamu buat akan membuatmu paham mana yang wajib diprioritaskan.

2. Buat Skala Prioritas

Kuliah sambil kerja akan menghabiskan banyak sekali waktumu dalam sehari. Meski keduanya penting, kamu juga harus memiliki waktu bersantai agar badan punya waktu untuk rileks dan istirahat. Pahami mana yang harus diprioritaskan. Kamu bisa mulai dengan mengurutkan tugas-tugas berdasarkan deadline yang paling dekat. Jika ada tugas dengan deadline pada hari sama, coba kerjakan yang paling mudah dulu. Jadi, begitu berhasil menyelesaikannya, kamu akan termotivasi untuk segera merampungkan pekerjaan lain.

3. Selesaikan Tugas Lebih Awal

Kuliah pastinya akan berhadapan dengan berbagai macam tugas. Persiapkan dirimu untuk hal ini. Kuliah sambil kerja memang memiliki tantangan besar dalam membagi waktu mengerjakan tugas. Coba selesaikan tugas kuliahmu lebih awal seperti pada pagi hari. Pasalnya, mengerjakan tugas kuliah setelah selesai bekerja akan membuatmu kelelahan dan hasilnya pun tidak optimal.

Bahkan akan lebih baik lagi jika kamu bisa langsung mengerjakan tugas tepat setelah kuliah berakhir. Disiplinkan diri untuk mengerjakan tugas kuliah meski sedikit demi sedikit. Hal ini lebih baik daripada kamu terus menundanya hingga akhirnya menumpuk mendekati tenggat waktu pengumpulan. Sementara itu saat di tempat kerja, fokuskan diri untuk menyelesaikan pekerjaan agar bisa selesai tepat waktu.

4. Bicarakan dengan Orang Dekat

Ingat, kuliah sambil kerja menghabiskan banyak energi, baik dari fisik maupun pikiran. Hal ini menyebabkan kamu tidak bisa bekerja secara optimal karena konsentrasi yang terbagi. Tak hanya itu, kegiatan sehari-hari pun bisa sedikit terganggu akibat aktivitas besar ini. Usahakan untuk membicarakan hal ini dengan orang terdekat seperti keluarga. Hal ini dilakukan agar kamu mendapat dukungan di tengah perjuanganmu menempuh pendidikan sambil bekerja.

Tak lupa, cobalah jujur dan terbuka dengan bos di tempat kerja. Hal tersebut dilakukan supaya beliau memahami kondisimu. Berterusteranglah terkait waktu kuliah yang diambil dan bagaimana hal tersebut memengaruhi jam kerjamu. Sampaikan juga beberapa kekhawatiran yang sempat kamu pendam terkait bekerja sembari kuliah ini. Dengan begini, lingkungan kerja juga bisa ikut mendukungmu terkait keputusan kuliah sembari bekerja tersebut.

5. Jaga Kesehatan

Tips kuliah sambil kerja yang satu ini tak kalah penting. Bekerja sembari kuliah menghabiskan banyak energi fisik, pikiran, dan mental. Menjaga kesehatan akan membuatmu bisa tetap melakukan keduanya secara optimal. Ini bisa dilakukan dengan makan teratur, rutin olahraga, dan melakukan perawatan diri sebagai self-reward di klinik kecantikan.

Selain itu, usahakan pula untuk tidur tujuh hingga delapan jam tiap malamnya. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memori. Jangan lupa juga untuk selalu makan makanan yang sehat.

Tips ini memang berlaku umum untuk kegiatan apapun. Namun, ketika kamu memiliki kegiatan yang menguras energi luar biasa seperti kuliah dan bekerja dalam satu hari yang sama, maka makan makanan sehat dan teratur bisa membuat tubuhmu lebih terjaga hingga tidak mudah lelah. Makanan sehat dan istirahat yang cukup akan membuatmu lebih segar setiap harinya sehingga kadar stres bisa ditekan.

Kuliah sambil kerja memang menjadi tantangan tersendiri untuk wanita mandiri. Baik mengambil kuliah S1 maupun S2, keduanya sama beratnya jika dilakukan bersamaan dengan pekerjaan penuh waktu. Ikuti tips-tips di atas agar kondisi fisik dan mentalmu tetap terjaga. Manajemen waktu jadi poin penting yang bisa membuatmu mendapatkan istirahat cukup, namun tetap melaksanakan pekerjaan kantor dan tugas kuliah dengan optimal. Jangan takut bekerja sambil kuliah agar mimpimu bisa terwujud!