search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i 6 Korean Makeup Look yang Pernah Trending
karir // 03 Desember 2022
6 Korean Makeup Look yang Pernah
trending

Korean makeup look selalu menarik untuk diikuti. Selain cantik, look yang satu ini juga punya banyak variasi. Mulai dari complexion, alis, mata, bibir, hingga pipi, semua ada variasinya. Beberapa bahkan sempat trending dan diikuti di berbagai belahan dunia.

Bahkan Korea sampai disebut-sebut sebagai panutan baru dalam ber-makeup. Memangnya apa saja, sih, variasi Korean makeup look yang pernah trending? Ini dia daftarnya!

1. Tampilan glass skin

Bisa dibilang, inilah variasi Korean makeup look yang paling viral. Pada masanya, seluruh dunia mencoba tren makeup yang satu ini, bahkan merambah ke selebritas Hollywood. Glass skin sendiri berarti tampilan kulit yang halus dan tidak bernoda, mirip seperti glass atau kaca. Tampilan ini bisa didapat dengan kelembapan kulit yang baik.

Selain itu, tampilan glass skin juga bisa didapat dengan makeup. Caranya adalah dengan menambahkan highlighter pada area tertentu seperti tulang pipi, dahi, ujung hidung, hingga area di atas bibir. Namun, yang jelas, Glass skin tak akan lengkap tanpa rangkaian skincare dasar seperti pelembap dan sunscreen.

2. Alis melengkung ke bawah

Korean makeup look identik dengan alis lurus yang datar. Selebritas dan idol Korea jarang membentuk alisnya dengan arch atau lengkungan yang begitu menonjol. Meski begitu, belakangan ini, mulai banyak beauty guru dari Korea Selatan yang membentuk alis mereka.

Tampilan baru ini membentuk alis dengan arch rendah yang mengarah ke bawah. Ini berbeda dari eyebrow look ala western yang cenderung diangkat. Alis melengkung ke bawah ini akan memberikan kesan yang lebih mature tanpa meninggalkan kesan feminin.

3. Blush on di area hidung

Sama seperti tren glass look, tren yang satu ini juga sempat menjadi favorit. Bahkan sekarang pun masih banyak yang menggunakannya. Tren menggunakan blush on di area hidung ini populer di Korea karena memberikan kesan yang fresh sekaligus menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Aplikasinya pun sangat mudah. Pilihlah blush on sesuai dengan skin tone kamu agar tetap terlihat natural. Setelah itu, sapukan blush on dari bagian tulang pipi, kemudian teruskan ke arah hidung hingga mencapai tulang pipi di bagian yang berlawanan. Ulangi jika dirasa warna belum terlihat.

4. Riasan glitter pada mata

Mata merupakan bagian yang memiliki banyak variasi look. Para Korean beauty guru seolah tidak pernah kehabisan ide untuk menciptakan eye makeup yang cantik. Salah satunya adalah riasan glitter pada mata. Mulanya, riasan ini digunakan oleh para K-Pop idols agar bagian mata mereka tetap menonjol di kamera.

Namun, lama-kelamaan, riasan glitter ini banyak diikuti. Jenisnya pun makin beragam. Ada yang sekadar menggunakan eyeshadow dengan shimmer kalem, tapi ada juga yang menambahkan glitter heboh dengan bling-bling atau bahkan studs (manik-manik) di ujung mata.

5. Cloudy eyes

Sebenarnya, tren eye makeup ini mirip dengan smokey eyes ala selebritas Hollywood. Hanya saja, cloudy eyes jauh lebih soft sehingga tidak terlalu bold. Meski begitu, look ini tetap terlihat menonjol dan mudah dikenali. Untuk mendapatkan cloudy eyes, gunakan eyeshadow berwarna cerah seperti soft pink. Warna nude atau soft brown juga bisa dipilih.

Gunakan eyeshadow tersebut di seluruh kelopak matamu. Jika sudah, tambahkan eyeshadow berwarna dark brown di bagian ujung mata sambil ditarik ke arah luar. Setelah itu, tambahkan shimmer dengan warna senada di tengah kelopak mata.

6. Lipstik berwarna gelap

Mulanya, Korean makeup look identik dengan warna bibir cerah atau bahkan MLBB atau my lips but better untuk memberikan kesan natural. Namun, setelah konsep girl crush menjadi populer karena K-pop, tren lip makeup pun berubah.

Dari yang semula natural, kini menjadi lebih bold. Sekarang ini, bibir tak hanya dihiasi warna-warna natural seperti nude atau peach, tapi juga merah tua, dark purple, hingga cokelat gelap. Tak jarang, tren lipstik berwarna gelap ini juga diaplikasikan dengan metode gradasi untuk memberikan kesan dramatis.

 

Inti dari Korean makeup look sebenarnya bukan pada riasan yang digunakan, tapi pada perawatan kulit agar bisa terlihat glowing sehingga menunjang tampilan makeup. Jadi, jika ingin mendapatkan tampilan Korean makeup look yang maksimal, kamu bisa mulai mempedulikan perawatan kulit wajah, ya!