search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Dear Kamu yang Masih Sering Pencet Jerawat....
Tips Kesehatan // 18 Oktober 2022
Dear Kamu yang Masih Sering Pencet
jerawat....

Tahu gak sih, hobi memegang apalagi memencet jerawat tuh bukan cara yang tepat buat atasi problem kulit jerawat. Bukannya sembuh tapi bisa jadi malah memicu jerawatmu makin parah.

“Tapi, susah banget untuk gak pegang-pegang jerawat! Setiap jerawat muncul, tangan gatel banget pengen pegang jerawatku”

Betul! Apalagi kalau udah jadi kebiasaan, tentu tidak mudah untuk menghilangkannya. Kadang tanpa sadar, tangan sudah berada di wajah bersiap buat memencet jerawat sampai meletus! Selain memperparah kondisi jerawat, kebiasaan buruk ini juga bisa memicu munculnya jerawat baru di wajah kita. Nah, biar gak terjadi, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk mengurangi akibat buruk dari kebiasaan menyentuh jerawat.


1. Pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih
Sebelum memegang wajah, entah itu untuk memakai skincare jerawat atau membersihkan wajah dari make up, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Yaitu dengan cuci tangan menggunakan sabun atau antiseptic. Tapi ingat untuk tidak berlebihan dalam mencuci tangan karena justru akan menghilangkan bakteri baik serta membuat kulit menjadi kasar.

2. Hindari menyentuh rambut
Karena minyak serta debu yang banyak ditemui di rambut bisa menyumbat pori-pori wajah dan memicu munculnya jerawat.

3. Gunakan punggung tangan sebagai alternatif
Bila memang merasa harus menyentuh wajah, punggung tangan bisa menjadi alternatif. Meski kuman juga ditemui di punggung tangan, jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan kuman yang ada di telapak tangan kita.


Menghilangkan suatu kebiasaan memang tidak mudah, tapi bila benar-benar mencoba maka pasti bisa kok! Salah satunya dengan meminta teman untuk mengingatkan saat kita akan memegang atau memencet jerawat. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa dihindari dengan menyibukkan tangan dengan aktivitas atau kegiatan lainnya.