search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Tebal Tipisnya Olesan Sunscreen Berpengaruh ke Kulit Kita Loh!
Tips Kesehatan // 27 September 2022
Tebal Tipisnya Olesan Sunscreen Berpengaruh ke Kulit Kita
loh!

Hari gini masih suka skip pakai Sunscreen? Tau gak sih, paparan sinar matahari yang berlebihan memiliki efek buruk bagi kesehatan kulit kita loh. Salah satunya adalah kerusakan sel-sel kulit atau photo damage. 

Saat menembus kulit kita, paparan sinar UV dari matahari tersebut akan membentuk senyawa yang disebut ROS (Reactive Oxygen Species). Senyawa ROS ini akan merangsang pembentukan pigmen atau flek di kulit, meningkatkan kerusakan kolagen, dan menurunkan pembentukan kolagen.

Sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan di kulit seperti flek hitam di wajah, pori-pori besar, kerutan, kekenduran kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari ya...

Namun, banyak orang yang kurang tepat dalam penggunaan Sunscreen. Alhasil, perawatan kulit dari sinar UV pun tidak maksimal. Bahkan, hal tersebut dapat memicu kerusakan sel-sel kulit hingga masalah kulit kusam. Satu hal yang penting dalam penggunaan Sunscreen yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang, yaitu mengoles Sunscreen harus merata dengan jumlah yang mencukupi. 

Dalam ilmu dermatologi, penggunaan Sunscreen yang ideal yaitu 2 mg/cm2 merata di permukaan kulit, dengan metode tea spoon role (5 ml). Artinya, pengaplikasian Sunscreen tidak seharusnya dioleskan secara tipis-tipis, karena itu akan mengurangi daya perlindungan dari sinar matahari.

Sekarang sudah tahu kan pentingnya pakai Sunscreen dengan tepat! Apalagi bagi muslimah Hayyu yang sering aktivitas di luar ruangan, wajib pakai DAN reapply Sunscreen agar perlindungan pada kulit wajah lebih maksimal. Yuk bisa yuk, rajin pakai sunscreen sebelum keluar rumah!