search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i MITOS atau FAKTA: Pakai Pelembab Itu Gak Penting!
Tips Kesehatan // 13 Oktober 2022
MITOS atau FAKTA: Pakai Pelembab Itu Gak
penting!

Banyak sekali mitos atau fakta tentang produk perawatan yang beredar di internet. Salah satunya tentang pelembab. Ada yang bilang pakai pelembab itu tidak penting untuk membuat kulit wajah kita bagus dan sehat. 

Bagus dalam artian cerah, terbebas dari flek, pori-pori mengecil dan tekstur kulit menjadi halus. Memang yang signifikan menyehatkan kulit kita adalah krim perawatan pagi dan malam dan tindakan perawatan yang ada di klinik, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, mengurangi flek, dan mengecilkan pori-pori. 

Tetapi perawatan tersebut akan ditunjang keberhasilannya bila kondisi sel-sel kulitnya sehat dan siap menerima rangsangan dari perawatan tersebut. Sel-sel kulit yang sehat didapat bila kadar air di dalam sel tersebut cukup sehingga metabolism sel berjalan dengan baik. 

Nah, kadar air akan cukup bila tidak terjadi kebocoran dari barrier permukaan kulitnya, atau disebut mencegah trans epidermal water loss (TEWL). Di sini lah peran pelembab. Produk pelembab tertentu bisa memperbaiki trans epidermal water loss. 

Oleh karena itu, penting bagi kita selain tindakan perawatan dan penggunaan krim pagi malam, juga selalu disertai dengan penggunaan pelembab. Jenis pelembab bisa dikonsultasikan pada dokter, akan dipilhkan sesuai dengan jenis kulitnya.