search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Me Time: Arti dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental
Tips Kesehatan // 18 Agustus 2022
Me Time: Arti dan Manfaatnya untuk Kesehatan
mental

Akhir-akhir ini, sering banget ya terdengar istilah me time yang juga kerap dikaitkan dengan kesehatan mental. Banyak yang merekomendasikan untuk melakukan me time ketika sedang banyak pikiran, stres, atau bahkan jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Tapi ada yang tau gak sih, apa itu me time? Apa benar bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mental? Yuk, temukan jawabannya di sini!

Me time dapat berarti meluangkan waktu dari rutinitas yang biasa kamu jalankan sehari-hari untuk sejenak beristirahat. Berapa lama durasinya? Semuanya tergantung pada yang melakukannya. Bisa hanya dalam hitungan jam, ada yang butuh seharian penuh, bahkan satu minggu. Namun, umumnya durasi me time tak terlalu lama. Sebab, intinya adalah mengambil jeda singkat dari rutinitas.

Me time tiap orang bisa sangat berbeda-beda loh. Ada yang menghabiskan waktunya untuk nongkrong di kafe favorit, berbelanja, menonton film melalui layanan streaming, atau tidur. Namun, ada juga yang memilih melakukan perawatan wajah dan tubuh. Apa pun kegiatan yang dipilih, tujuannya hanya satu, yaitu untuk mengisi ulang energi yang terkuras karena lelah beraktivitas.

 

3 MANFAAT ME TIME UNTUK KESEHATAN MENTAL

Benar gak sih me time itu memengaruhi kesehatan mental? Menurut laman Mental Health Foundation, setidaknya ada tiga manfaat untuk kesehatan mental yang bisa didapat saat kamu melakukan me time. Apa saja?  

1. Menyegarkan pikiran dan tubuh

Me time akan membantumu lebih mudah mengelola stres. Meski stres bukanlah sebuah penyakit fisik, namun jika tidak dikelola dengan baik, dampaknya pun akan terasa. Baik pikiran dan tubuh seolah enggan untuk beraktivitas ketika kamu stres.

2. Menjaga tingkat produktivitas
Terus menerus bekerja dan menjalankan rutinitas yang sama tidak akan meningkatkan produktivitas. Justru sebaliknya, saat kamu terus bekerja, otak akan lebih cepat merasa jenuh. Jika situasi ini terus dibiarkan, produktivitas akan menurun. Ambillah break singkat untuk refreshing. Dengan begitu, otak tidak jenuh dan produktivitas pun terjaga.

3. Memahami diri dengan lebih baik
Sering merasa ada yang salah dengan dirimu, tapi sampai sekarang belum menemukan jawabannya? Me time bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Waktu yang kamu habiskan saat me time, akan membantumu memahami diri dengan lebih baik. Kamu juga bisa tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan dan harus diprioritaskan.
 

Sekarang kamu sudah tahu, kan, kalau me time ternyata sangat penting untuk kesehatan mental kamu? Kalau bingung harus melakukan apa saat me time, kamu bisa coba mengunjungi klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan kulit wajah dan tubuh.

Biasanya, klinik kecantikan memiliki atmosfer yang menenangkan sehingga cocok untuk refreshing dan meredakan stres. Pastikan saja seluruh produk dan layanan yang ditawarkan klinik kecantikan telah terjamin keamanan dan kehalalannya. Selamat me time!