search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i NO DRAMA Jadi Ibu Rumah Tangga Bikin Bosan Berujung Stres!
Tips Kesehatan // 05 September 2022
NO DRAMA Jadi Ibu Rumah Tangga Bikin Bosan Berujung
stres!

Banyak yang menganggap bahwa pekerjaan sebagai ibu rumah tangga tidaklah berat, sebab yang dilakukan “hanyalah” mengurus rumah. Padahal, seorang ibu rumah tangga justru rentan mengalami kejenuhan karena rutinitas hariannya cenderung sama. Rasa jenuh ini, jika tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan memicu stres. Nah, untuk mencegahnya terjadi, yuk lakukan hal-hal berikut ini!

1. Terapkan mindfulness

Ketika menjalankan rutinitas sebagai seorang ibu rumah tangga, sering kali otak dipenuhi pikiran negatif. Misalnya, menyesali keputusan untuk resign bekerja untuk mengurus rumah atau membayangkan kemungkinan-kemungkinan buruk di masa depan. Inilah yang kemudian menyebabkan kamu mudah merasa jenuh ketika menjalankan rutinitas.

Untuk itu, mulailah menerapkan mindfulness atau kesadaran penuh. Mindfulness mengajarkan untuk fokus pada momen yang sedang kamu jalankan, bukan pengalaman di masa lalu atau kemungkinan di masa depan. Ini akan membantumu untuk tidak larut dalam perasaan kecewa karena pilihan di masa lalu atau cemas dengan hal-hal yang akan datang.

2. Lakukan hobi di sela-sela menyelesaikan pekerjaan

Tidak ada salahnya sama sekali untuk mengambil rehat sejenak dari rutinitas harianmu. Ketika lelah membereskan rumah, lakukan kegiatan lain sebagai distraksi. Kamu bisa coba melakukan hobi di sela-sela menyelesaikan pekerjaan.

Misalnya, hobi merajut yang sudah lama tidak kamu lakukan. Tidak perlu berambisi untuk segera menyelesaikan rajutan, kok. Lakukan pelan-pelan di kala kamu merasa suntuk dengan rutinitas. Bisa juga dengan melakukan hobi yang lebih santai seperti mendengarkan lagu. Alternatif lainnya adalah melakukan olahraga ringan seperti stretching atau bermeditasi.

3. Ikutlah bermain dengan sang buah hati

Menghabiskan waktu bersama si kecil adalah momen yang begitu berharga. Nikmatilah selagi bisa. Sebab, nanti mereka pasti akan memiliki kesibukan sendiri.

Saat mereka bermain, cobalah untuk melibatkan diri. Ada banyak sekali aktivitas permainan anak yang akan jauh lebih seru jika dilakukan bersama orang tua. Misalnya, bermain tebak-tebakan. Selain menghilangkan kejenuhan, permainan tebak-tebakan juga akan mengasah kreativitas si kecil. Masih ada banyak waktu yang tersisa? Bisa coba bermain peran. Si kecil bisa menjadi superhero atau princess dan kamu bisa menjadi karakter pendukungnya. Pasti seru, deh!

4. Buka bisnis rumahan atau jadi freelancer

Cara lain untuk menghilangkan kejenuhan adalah mencoba berbisnis. Buat kamu yang ingin mendapat pemasukan tambahan, cara ini bisa dicoba. Sekarang ini ada banyak sekali bisnis rumahan minim modal yang bisa dicoba. Salah satu contoh yang paling populer adalah menjadi dropshipper melalui marketplace.

Jika merasa kurang cocok berbisnis, bisa mencoba jadi freelancer. Peluang menjadi freelancer kini begitu luas. Kamu bahkan bisa mendapat pekerjaan dari luar negeri. Jenis pekerjaannya pun variatif, ada freelance menulis, membuat desain grafis, videografi, hingga pengumpulan data.

5. Sesekali luangkan waktu untuk me time

Rasa jenuh sudah begitu menumpuk dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Luangkanlah waktumu untuk melakukan me time. Nah, me time di sini berarti menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri. Lakukan semua jenis kegiatan yang ingin kamu lakukan namun terus terhambat karena kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga.

Bisa dengan mencicipi kuliner di kafe yang baru buka, shopping, hingga menonton film yang sudah lama ada di wish list. Pilihan lainnya adalah dengan datang ke klinik kecantikan yang menyediakan berbagai macam pilihan perawatan untuk kulit wajah dan tubuh. Dengan melakukan perawatan, tubuh pun akan terasa lebih rileks dan tenang. Saat tubuh rileks, stres pun enggan datang.

Sangat wajar jika merasa jenuh saat menjalankan rutinitas sebagai seorang ibu rumah tangga. Tidak perlu bersedih atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Kamu pun sama seperti orang-orang yang bekerja di kantor, bisa merasa jenuh, lelah, dan bahkan stres. Terlebih jika kegiatanmu sehari-hari tidak banyak berbeda.

Melakukan kegiatan yang sedikit berbeda dari rutinitas harian bisa membantu menghilangkan kejenuhan. Begitu pula dengan me time yang memang dikhususkan untuk dirimu sendiri. Dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, semoga kamu bisa merasa lebih rileks dan siap untuk kembali beraktivitas harian sebagai ibu rumah tangga. Semangat!