search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i 5 Cara Ini, Bisa Bantu Kamu Atur Keuangan Agar Jauh Dari Hutang!
karir // 27 September 2022
5 Cara Ini, Bisa Bantu Kamu Atur Keuangan Agar Jauh Dari
hutang!

Hidup memang penuh tantangan ya. Salah satunya tantangan mengelola keuangan. Apalagi tak bisa dipungkiri, harga kebutuhan saat ini makin mahal. Artinya, harus pintar-pintar mengatur keuangan agar bisa jauh dari yang namanya hutang. Biar gak bingung, Hayyu bagiin tips atur keuangan buatmu. 

  • Catat Pemasukan

Pastikan kamu memahami seluruh pemasukan bulanan, bila sudah berumah tangga maka pemasukan bulanan yang dicatat juga termasuk dari pasanganmu ya. 

Pastikan jangan hanya mencatat gaji pokok bulanan, namun juga insentif, upah lembur, dan beberapa aset lainnya, termasuk investasi. Catatan ini penting sebagai patokan untuk membagi alokasi penghasilan terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan mencatat seluruh pemasukan, maka pengeluaran juga bisa semakin dikontrol.

  • Buat Daftar Prioritas

Buatlah daftar prioritas keuangan yang dibutuhkan dalam satu bulan. Daftar ini akan sangat membantumu mengatur keuangan sehingga alokasi dan pengeluaran lebih rapi dan tertata. 

Beberapa hal utama untuk masuk daftar prioritas adalah belanja dapur, biaya makan, tagihan listrik, tagihan air, biaya bahan bakar kendaraan, cicilan kendaraan atau rumah jika ada, dan pendidikan anak. Semua ini wajib dicatat ya!

  • Buat budget kebutuhan lainnya

Setelah daftar prioritas, kamu bisa menulis daftar kebutuhan lainnya. Daftar ini bisa berisi anggaran shopping, jalan-jalan bersama teman atau rekreasi keluarga.

Atau bisa juga budget untuk perawatan diri seperti treatment di klinik kecantikan. Jadi, kalau tergiur sesuatu di luar budget, di-rem dulu ya agar keuanganmu gak terganggu!

  • Dana Darurat juga penting!

Kehidupan tentu tak akan terus mulus begitu saja. Meski sudah mempersiapkan pos-pos dana, kamu tetap harus bersiap jika nantinya terjadi keadaan darurat di luar rencana. Misalnya saat terjadi musibah seperti kecelakaan, PHK, hingga krisis ekonomi perlu diwaspadai secara serius. Jika itu terjadi, dana darurat akan menjadi penyelamat terbaik! 

Sisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk dana darurat. Jumlahnya pun relatif, bisa sampai 30 persen dari penghasilan per bulan. Uang dana darurat ini hanya boleh digunakan saat darurat aja ya, yang artinya tak bisa sembarangan digunakan untuk keperluan lainnya yang sebenarnya nggak penting-penting banget!

  • Evaluasi Pengeluaran

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, cara mengatur keuangan selanjutnya adalah melakukan evaluasi pengeluaran. Evaluasi ini bisa dilakukan setiap bulan agar paham dengan kondisi keuangan pada saat itu. Evaluasi juga bisa membahas pengeluaran yang sulit dihindari. Misalnya, seragam anak yang rusak dan harus membeli menggunakan uang di luar daftar prioritas. Bisa juga membahas pengeluaran tersier yang terlampau melebihi batas. 

Itu dia cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa coba kamu terapkan. Banyak manfaat bisa diambil dengan melakukan langkah-langkah di atas. Jika keuangan tertata rapi, insya Allah akan terhindar dari hutang dan merencanakan masa depan jadi lebih mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!