search anything


You must enter at least 3 characters when searching...
...
Icon Close Hayyu Syar'i
hayyu syar'i Ternyata Self Reward Tuh Sepenting Ini Loh
karir // 09 November 2022
Ternyata Self Reward Tuh Sepenting Ini
loh

Masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya self-reward. Apresiasi untuk diri sendiri memang bukanlah hal yang umum mengingat apresiasi biasanya diberikan oleh orang lain. Walau begitu, self-reward justru amat penting. Tindakan ini bisa menjadi dorongan untukmu ketika menghadapi situasi sulit atau sedang merasa down. Melakukan self-reward dengan tepat akan membantumu untuk segera bangkit kembali. Namun, seperti apa, sih, self-reward yang benar?

Mengenal arti kata self-reward

Jika diterjemahkan, self-reward berarti penghargaan untuk diri sendiri. Penghargaan ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa berupa hadiah barang atau bahkan waktu untuk diri sendiri. Meski disebut penghargaan, self-reward tidak harus selalu diberikan ketika kamu berhasil melakukan sesuatu. Bahkan ketika kamu melakukan kegagalan, boleh memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan tetap termotivasi untuk melanjutkan hidup.

Pentingnya self-reward

Mengapa harus melakukan self-reward? Ternyata, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memberikan penghargaan untuk diri sendiri, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sebagai penghargaan terhadap diri sendiri

Setelah kamu beraktivitas seharian, pasti pikiran dan tubuh pun terasa lelah. Terkadang, mengistirahatkan fisik saja tidak cukup. Nah, di sinilah self-reward bekerja. Kamu bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri saat berhasil menyelesaikan suatu tugas dengan baik.

Jangan salah, meski terlihat sepele, self-reward akan membantumu untuk tetap positif dan bahagia. Ketika kamu mendapat hadiah atau melakukan hal-hal yang menyenangkan, tubuh secara otomatis akan melepaskan dopamin. Inilah yang kemudian membuatmu merasa bahagia.

2. Penghilang tekanan dan stres

Belakangan ini merasa tertekan atau bahkan stres, tapi tidak tahu penyebabnya? Sudah beristirahat, namun masih merasa lelah? Bisa jadi yang merasa lelah sebenarnya adalah pikiran dan mentalmu. Nah, self-reward bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak bentuk self-reward yang bisa diberikan agar kamu dapat selalu menghargai diri sendiri. Tidak selalu harus berupa barang yang mahal. Bersantai sejenak dan fokus pada kebutuhanmu sendiri sebenarnya juga merupakan bentuk self-reward. Ketika kamu rileks, pikiran pun akan lebih tenang dan kamu bisa mengelola stres dengan baik.

3. Memperkuat motivasi dalam hidup

Self-reward tidak hanya membantumu untuk selalu menghargai diri sendiri, tapi juga memberikan motivasi dalam menjalankan hidup. Ini ibarat sebuah support system yang kamu bangun sendiri, tapi bisa selalu diandalkan. Dengan adanya motivasi dalam menjalankan hidup, pikiran pun jadi lebih positif, sehingga nanti produktivitasnya pun ikut meningkat.